Pengukuran, Besaran, dan Satuan #2


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: Pengukuran, Besaran, dan Satuan #2 (untuk menghemat pemakaian data).

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai pengertian pengukuran, besaran dan satuan. Kali ini, kita akan mengulas lebih rinci mengenai besaran dan satuan. Besaran Fisika, merupakan besaran yang diperoleh dari hasil pengukuran. Ini merupakan besaran yang didapat dari hasil membandingkan benda yang hendak diukur dengan alat ukur yang memiliki satuan, seperti misal mengukur berat badan (massa badan) dengan menggunakan alat ukur berupa timbangan. Karena harus melalui proses pengukuran, besaran fisika memiliki syarat utama yaitu menggunakan alat ukur dan memiliki satuan.

contoh-pengukuran

Objek yang panjangnya diketahui (atas), dan objek yang panjangnya tidak diketahui (bawah) | Photo by Stilfehler is not licensed (Public Domain)

Sebenarnya Ada Berapa Jenis Besaran Didalam Fisika?
Didalam Fisika, ada dua jenis besaran yang didasarkan pada Sistem Internasional (International System of Units), yang saat ini secara internasional lebih dikenal dengan SI (kependekan dari bahasa Prancis, Le Système International d’Unités). Kedua besaran tersebut adalah besaran pokok (base units) dan besaran turunan (derived units). [1]

Besaran pokok merupakan besaran yang berdiri sendiri dan tidak terikat dengan besaran lain. Besaran ini menjadi patokan perhitungan dasar dalam mengukur suatu besaran benda. Didalam SI, besaran pokok terbagi menjadi 7 macam, yaitu: [2]

Besaran Pokok
Besaran PokokNama SatuanSimbol SatuanSimbol Dimensi
PanjangmetermL
MassakilogramkgM
WaktusekonsT
Kuat ArusampereAI
SuhukelvinKΘ
Jumlah ZatmolmolN
Intensitas CahayacandelacdJ

Selain besaran pokok, besaran lain yang dapat diukur adalah besaran turunan. Besaran turunan merupakan hasil penghitungan dari dari dua atau beberapa besaran pokok. Beberapa besaran turunan tersebut, diantaranya: [3]

Besaran Turunan
Besaran TurunanNama SatuanSimbol SatuanEkspresi Dalam SI
Luasmeter persegim2m2
Volumemeter kubikm3m3
Kecepatanmeter per sekonm/sm.s-1
Massa jeniskilogram per meter kubikkg/m3kg.m-3
GayanewtonNkg.m.s-2
Energi & usahajouleJkg.m2.s-2
DayawattWkg.m2.s-3
TekananpascalPakg.m-1.s-2
FrekuensihertzHzs-1
Muatan listrikcoulombCs.A
Potensial listrikvoltVkg.m2.s-3.A-1
Hambatan listrikohmΩkg.m2.s-2.A-2
KapasitansifaradFkg-1.m-2.s-4.A-2
Medan magnetikteslaTkg.s-2.A-1
Fluks magnetikweberWbkg.m2.s-2.A-1
InduktansihenryHkg.m2.s-2.A-2

Besaran turunan tersebut merupakan hasil kalkulasi besaran pokok. Sebagai contoh, untuk mengukur luas ruangan yang berbentuk persegi, satuannya m2. Ini artinya besaran ini didapat berdasarkan hasil kalkulasi 2 besaran pokok, panjang x panjang, atau yang lebih kita kenal dengan sisi x sisi.

Selain itu, adakah jenis lain dari besaran?
Selain pengelompokan berdasarkan Sistem Internasioanal, besaran juga bisa dikelompokkan berdasarkan arahnya. Pengelompokan ini membagi besaran menjadi dua jenis: [4]

  1. Besaran vektor, adalah besaran yang memiliki arah dan satuan. Sebagai contoh kecepatan. Selain memiliki satuan, besaran ini juga memiliki arah, karena menghitung kecepatan juga melibatkan perpindahan suatu benda.
  2. Besaran skalar, adalah besaran yang hanya memiliki satuan. Beberapa besaran skalar diantaranya adalah massa, waktu, temperatur, dll.
Referensi

Kontributor:

Kutip materi pelajaran ini:
Kontributor Tentorku, 2015, "Pengukuran, Besaran, dan Satuan #2," Artikel Tentorku, https://www.tentorku.com/pengukuran-besaran-dan-satuan-2/ (diakses pada 22 Sep 2017).

Materi Pelajaran Terkait:

Materi pelajaran ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda dapat mengisi komentar di bawah untuk memberitahu kami topik atau judul pelajaran yang Anda inginkan.
Anda juga bisa mengirimkan komentar pada Tentorku di akun fb/twitter/google kami di @tentorku.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan pembahasan.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kode Verifikasi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.