Mengenal Isaac Newton dan Hukum Gerak Newton


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: Mengenal Isaac Newton dan Hukum Gerak Newton (untuk menghemat pemakaian data).

Sir Isaac Newton adalah seorang ilmuwan fisika dan matematika yang dikenal luas sebagai salah seorang ilmuwan yang paling berpengaruh sepanjang waktu. Karya Newton yang paling terkenal adalah hukum gravitasi dan hukum gerak Newton.

isaac-newton

Isaac Newton | Photo by Sir Godfrey Kneller is not licensed (Public Domain)

Kisah Apel Newton dan Gravitasi
Isaac Newton sering bercerita bahwa dia terinspirasi untuk membuat teori gravitasi dari melihat buah apel yang jatuh dari pohon. Banyak siswa yang mengira bahwa teori gravitasi ditemukan oleh Newton dengan tidak sengaja atau karena kejatuhan apel, padahal cerita yang sesungguhnya tidak demikian. Isaac Newton adalah seorang ilmuwan yang sangat produktif menghasilkan berbagai jurnal. Beliau melakukan berbagai eksperimen sehingga akhirnya didapatkan hukum gravitasi yang kita kenal saat ini 🙂

Hukum Gerak Newton

Isaac Newton dalam bukunya yang berjudul Mathematical Principles of Natural Philosophy yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1687, menjelaskan dan menyelidiki gerak dari berbagai objek fisik dan sistem. Newton membuat beragam hukum-hukum yang menjelaskan mengapa benda bergerak (atau tidak bergerak). Hukum-hukum ini dikenal dengan Tiga Hukum Gerak Newton. [1]

newton-principia

Newton Principia Mathematica | Photo by Andrew Dunn is licensed under CC-BY-SA-2.0

Hukum Newton Pertama

Sebuah benda yang diam akan tetap diam dan sebuah benda yang bergerak akan tetap bergerak dengan kelajuan dan arah yang sama, kecuali mendapatkan gaya yang tidak seimbang.” Benda tersebut mempunyai kecenderungan untuk terus melakukan apa yang sedang dia lakukan. Kecenderungan untuk tidak mau berubah dari keadaan gerak sebelumnya ini disebut juga dengan istilah Inersia.

Perhatikan bahwa ketika mobil menabrak dan berhenti tiba-tiba, pengendaranya dapat terlempar keluar, hal ini disebabkan karena pengendara mempunyai kecenderungan untuk tetap bergerak. Karena itu dibutuhkan sabuk pengaman sebagai “gaya dari luar” untuk menahan pengendara mobil tersebut.

Hukum Newton Kedua

Percepatan sebuah benda yang yang dihasilkan oleh gaya total berbanding lurus dengan besarnya gaya total, dalam arah yang sama dengan gaya total, dan berbanding terbalik dengan massa benda.
Atau dengan rumus bisa dituliskan:

a = Σ F / m
sehingga
Σ F = m . a
1 Newton = 1kg . m/s²

Hukum Newton Ketiga

Untuk setiap aksi, terdapat reaksi yang sama dan berlawanan.
Pasangan gaya aksi dan reaksi ini dapat membuat burung terbang dan ikan berenang. Ketika burung mengepakkan sayap ke bawah maka ada gaya yang sama dan berlawanan ke atas dari udara sehingga burung terbang. Ketika ikan menggerakkan sirip ke belakang akan ada gaya yang sama dan berlawanan ke depan sehingga ikan dapat berenang maju.

Referensi

Kontributor:

Kutip materi pelajaran ini:
Kontributor Tentorku, 2015, "Mengenal Isaac Newton dan Hukum Gerak Newton," Artikel Tentorku, https://www.tentorku.com/mengenal-isaac-newton-dan-hukum-gerak-newton/ (diakses pada 25 May 2017).

Materi Pelajaran Terkait:

Materi pelajaran ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda dapat mengisi komentar di bawah untuk memberitahu kami topik atau judul pelajaran yang Anda inginkan.
Anda juga bisa mengirimkan komentar pada Tentorku di akun fb/twitter/google kami di @tentorku.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan pembahasan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kode Verifikasi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.