Latihan Tabel Perkalian Untuk Anak


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: Latihan Tabel Perkalian Untuk Anak (untuk menghemat pemakaian data).

Latihan tabel perkalian sangat penting untuk perkembangan kemampuan matematika, khususnya aritmatika anak-anak. Latihan tabel perkalian untuk anak versi kami disusun dengan konsep terstruktur yang dapat melatih kemampuan logika dan mekanis anak. Latihan kami dapat diberikan untuk anak usia 7-12 tahun.

Saat ini kami menyediakan lembar kerja ini dengan gratis untuk dapat diunduh oleh masyarakat luas. Latihan ini terdiri dari 13 halaman yang berisikan:

  • Perkalian tabel 3
  • Perkalian tabel 4
  • Perkalian tabel 5
  • Perkalian tabel 6
  • Perkalian tabel 7
  • Perkalian tabel 8
  • Perkalian tabel 9
  • Perkalian tabel 1-5
  • Perkalian tabel 1-6
  • Perkalian tabel 1-7
  • Perkalian tabel 1-8
  • Perkalian tabel 1-9
  • Perkalian tabel 1-10

Klik Gambar Untuk Mengunduh File PDF

Latihan Tabel Perkalian

Latihan Tabel Perkalian

Bagaimana cara menggunakan kertas kerja kami?
Mulailah dari perkalian tabel 3. Lalu setelah selesai perkalian tabel 5, gunakan tabel 1-5. Lanjutkan dengan perkalian tabel 6, kemudian 1-6, dan seterusnya. Tujuan dari hal ini agar anak tidak melupakan tabel perkalian sebelumnya.

Mengapa tabel perkalian sangat penting?
Dalam The Telegraph, Sekolah Dasar yang gagal untuk mengajar tabel perkalian dalam hati, mengutuk anak-anak untuk seumur hidup berjuang dengan angka. [1] Sebuah studi yang diterbitkan oleh Ofsted, seorang pengawas sekolah, mengatakan bahwa anak yang tidak dapat mengingat tabel perkalian kesulitan dengan angka-angka. Tabel perkalian ini sebenarnya sudah berusia sangat tua, dan tidak dapat dipungkiri juga merupakan alasan mengapa penulis dapat sukses menguasai matematika.

Apakah tabel perkalian harus dihafalkan?
Rekomendasi di sini adalah bahwa tabel perkalian harus dilihat sebagai kombinasi sinergis yang dinamis dari suatu pola. Anak harus melihat matematika adalah fakta, dan tidak harus selalu menghitung perkalian dengan “manual.” Misalnya 7 x 6 = 42 adalah fakta, tidak harus menghitung 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 = 42. Jadi tidak hanya dihafal, tetapi memahami polanya. Sehingga ketika perkalian ditukar menjadi pembagian, anak sudah langsung mengerti.

Berikut ini adalah alasan mengapa tabel perkalian harus dikuasai oleh anak (Diterjemahkan dari Shriram Krishnamurthi, Professor of Computer Science, Brown): [2]

Ada alasan yang sangat sederhana dan penting mengapa anak-anak, dan setiap orang, harus menghafal tabel perkalian dasar.

Banyak kehidupan melibatkan membuat keputusan cukup cepat dan cukup tepat dengan data. Kadang-kadang ini adalah keputusan yang orang lain perlu jawaban untuk “berapa banyak poster ini saya harus cetak?”, Dan pada waktu lain mereka memeriksa seketika klaim dari orang lain “Saya pikir kami harus mencetak N poster”. Ini adalah pada dasarnya Fermi problem, [3] meskipun mereka tidak ada hubungannya dengan teknik atau sains.

like-fb-tentorku

Apabila Anda menyukai artikel Tentorku, bantu Tentorku untuk tumbuh di www.facebook.com/tentorku/

Untuk melakukan Fermi problem membutuhkan dua hal: memiliki perkiraan jumlah pada dunia nyata, dan berhitung cepat. Masing-masing adalah keterampilan yang diperoleh, dan keduanya penting. Dan hal-hal tersebut juga sedikit berinteraksi: kemampuan Anda untuk melakukan aritmatika mempengaruhi cara Anda memperkirakan (misalnya, ketika diberi rentang nilai untuk perkiraan, Anda dapat memilih salah satu yang membuat aritmatika menjadi lebih mudah).

Anda tidak dapat melakukan ini tanpa aritmatika dasar. Anda dapat melakukannya dengan pengetahuan dasar tentang fakta dan aritmatika dasar. Dan hidup menjadi lebih mudah dikelola dengan kemampuan ini. Saya tahu saya melakukan ini sepanjang waktu – baik menjawab pertanyaan untuk orang lain (dari menghitung jumlah poster, kapasitas server, sampai biaya karyawan) atau memeriksa ulang klaim di artikel berita – dan dapat melakukannya secara efisien dan baik karena saya memiliki aritmatika tertanam dalam diri saya. Jika melakukan hal ini membutuhkan waktu atau membutuhkan kalkulator, Anda tidak akan berpikir ini sebagai “primitif”, dan kemudian anda akan jarang melakukannya sama sekali. (Seperti kata Whitehead, “Civilization advances by extending the number of important operations which we can perform without thinking about them.“)

Tabel perkalian adalah permulaan kita untuk memahami kuantitas dan ukuran, yang merupakan keterampilan hidup yang sangat mendasar. Anda dapat mempelajari ini dengan cara lain juga – dan mengembangkan intuisi fisik yang nyata bagi hal ini juga penting – tetapi cepat atau lambat Anda akan menjadi lebih efektif jika Anda bisa membuat abstrak terhadap entitas fisik, dan abstraksi ini yang disebut aritmatika.

Singkatnya, ini adalah persyaratan untuk menjadi terpelajar, dalam arti terbaik dari kata, warga yang skeptis. Seperti yang John McCarthy sering katakan, “He who refuses to do arithmetic is doomed to talk nonsense.” Saya benar-benar percaya bahwa. Jika Anda ingin anak Anda tumbuh dapat memahami dunia di sekitar mereka, dan bukan tergantung pada orang lain untuk interpretasi, ajarkan mereka untuk melakukan aritmatika dengan cepat dan baik di kepala mereka.

Referensi

Kontributor:

Kutip materi pelajaran ini:
Kontributor Tentorku, 2015, "Latihan Tabel Perkalian Untuk Anak," Artikel Tentorku, https://www.tentorku.com/latihan-tabel-perkalian-untuk-anak/ (diakses pada 26 Mar 2017).

Materi pelajaran ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda dapat mengisi komentar di bawah untuk memberitahu kami topik atau judul pelajaran yang Anda inginkan.
Anda juga bisa mengirimkan komentar pada Tentorku di akun fb/twitter/google kami di @tentorku.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan pembahasan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kode Verifikasi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.