Klasifikasi Tumbuhan Hijau (Kingdom Plantae)

Tumbuhan hijau (Viridiplantae) saat ini lebih sering digunakan untuk menggantikan kingdom Plantae tradisional yang sudah kuno. Ini berarti dalam bahasan ini penulis akan menyertakan ganggang hijau ke dalam bahasan klasifikasi tumbuhan hijau. Mengapa Viridiplantae saat ini lebih sering digunakan? Karena Viridiplantae merupakan sebuah klad (clade), yaitu sekelompok organisme yang terdiri dari nenek moyang dan semua keturunannya yang segaris, dan disajikan dalam sebuah "cabang" dalam "pohon kehidupan." [1]

Daftar isi

Bab ini akan membahas (1) dasar-dasar klasifikasi; dan (2) perbedaan klasifikasi tradisional dan modern pada dunia tumbuhan.

Dasar-Dasar Klasifikasi Dunia Tumbuhan (Kingdom Plantae)

Dunia tumbuhan diklasifikasikan berdasarkan ada tidaknya fitur yang berkembang seiring dengan perjalanan evolusi mereka. Fitur penting ini yaitu (1) ada tidaknya pembuluh dan (2) ada tidaknya biji. Terdapat empat kelompok tidak resmi berdasarkan klasifikasi ini, yaitu: [2]

  1. Ganggang hijau: Merupakan tumbuhan yang tidak berpembuluh, juga tidak memiliki struktur akar, batang, dan daun.
  2. Tumbuhan lumut: Merupakan tumbuhan yang tidak berpembuluh, tetapi memiliki struktur menyerupai akar, batang, dan daun (talus).
  3. Tumbuhan paku: Merupakan tumbuhan berpembuluh, memiliki akar, batang, dan daun sejati, tetapi tidak berkembang biak dengan biji.
  4. Tumbuhan biji: Merupakan tumbuhan berpembuluh, memiliki akar, batang, dan daun sejati, dan berkembang biak dengan biji.
hutan-gwydir
Ilustrasi keanekaragaman tumbuhan | Photo by Stuart Madden is licensed under CC-BY-2.0

Berikut ini adalah divisi-divisi tumbuhan hijau: [2][3]

Filum/Divisi Tumbuhan Hijau (Viridiplantae)

NAMA KELOMPOKNAMA FILUM/DIVISINAMA UMUM
Ganggang Hijau
Ganggang hijauChlorophytaGanggang hijau
CharophytaGanggang hijau
Tumbuhan Tidak Berpembuluh
Tumbuhan lumutHepatophytaLumut hati
AnthocerotophytaLumut tanduk
BryophytaLumut daun
Tumbuhan Berpembuluh Tanpa Biji
Tumbuhan pakuLycophytaLumut gada (atau paku kawat)
MonilophytaPakis, paku ekor kuda
Tumbuhan Berbiji Terbuka
Tumbuhan BijiCycadophytaPakis haji, sikas
GinkgophytaGinkgo
ConiferophytaKonifer
GnetophytaGnetophyta
Tumbuhan Berbiji Tertutup
Tumbuhan BijiAnthophytaTumbuhan bunga

Perbedaan Klasifikasi Tradisional dan Klasifikasi Modern Tumbuhan

Klasifikasi modern menggunakan filogenetik DNA untuk menentukan apakah suatu kelompok termasuk klad (kelompok monofiletik) atau bukan. Misalnya klasifikasi tradisional menempatkan lumut daun (en: mosses), lumut hati (en: liverworts), dan lumut tanduk (en: hornworts) ke dalam kelas pada tumbuhan lumut (Bryophyta), dalam sudut pandang klasifikasi modern, hal ini dapat dilakukan apabila lumut daun, lumut hati, lumut tanduk, dan seluruh keturunannya yang segaris dimasukkan ke dalam kelompok monofiletik tersebut.

bryophyta-monofiletik
Pandangan Bryophyta monofiletik | Photo by Tentorku (source: wikipedia.org) is licensed under CC-BY-SA-3.0
bryophyta-parafiletik
Pandangan Bryophyta parafiletik | Photo by Tentorku (source: wikipedia.org) is licensed under CC-BY-SA-3.0

Walaupun terdapat perbedaan pendapat (lihat kedua gambar di atas), sebagian besar refensi sepakat akan lumut tanduk sebagai "saudara" dari tumbuhan berpembuluh, artinya klasifikasi tradisional bersifat parafiletik, akibatnya ketiga lumut tersebut tidak dapat disatukan dalam kelompok tanpa melibatkan "saudara"-nya. Sehingga saat ini lumut hati, lumut daun, daun lumut tanduk adalah filum/divisi yang bersama dengan divisi lain (tumbuhan berpembuluh) termasuk dalam Embryophyta (tanaman darat). [4]

Secara tradisional, tumbuhan terbagi dalam empat kelompok:

  1. Bryophyta
  2. Pteridophyta
  3. Gymnospermae
  4. Angiospermae

Namun, karena permasalahan parafiletik yang sudah dijelaskan, sekarang tumbuhan terbagi dalam 12 kelompok (tumbuhan hijau) atau 10 kelompok (tumbuhan darat): [2][3]

Filum/Divisi Tumbuhan (Kingdom Plantae)

NAMA KELOMPOK INAMA KELOMPOK IINAMA FILUM/DIVISI
ViridiplantaeGanggang hijauChlorophyta
Charophyta
EmbryophytaHepatophyta
Anthocerotophyta
Bryophyta
Lycophyta
Monilophyta
Cycadophyta
Ginkgophyta
Coniferophyta
Gnetophyta
Anthophyta
Referensi
  1. Wikipedia contributors, “Clade,” Wikipedia, The Free Encyclopedia, https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Clade&oldid=694380906 (accessed December 29, 2015).
  2. Wikipedia contributors, “Plant,” Wikipedia, The Free Encyclopedia, https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Plant&oldid=696851140 (accessed December 29, 2015).
  3. Reese et al., 2014, “29 Plant Diversity I: How Plants Colonized Land,” Campbell Biology, 10th edition, Pearson Education, Inc., U.S.
  4. Wikipedia contributors, “Bryophyte,” Wikipedia, The Free Encyclopedia, https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Bryophyte&oldid=689373555 (accessed December 29, 2015).

Kutip materi pelajaran ini:
Kontributor Tentorku, 2015, https://www.tentorku.com/klasifikasi-tumbuhan-hijau-kingdom-plantae/ (diakses pada 10 Dec 2023).

Materi pelajaran ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda bisa mengirimkan saran pada Tentorku di akun fb/twitter/google kami di @tentorku.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan pembahasan.

Avatar photo
Tentorku

Penerbit Tentorku adalah penerbit artikel pendidikan online berkualitas. Tentorku percaya bahwa setelah proyek perpustakaan online ini selesai, Indonesia akan menjadi jauh lebih pintar! Semua konten tulisan, gambar, dan video pada situs ini adalah hak cipta Tentorku, kecuali dinyatakan khusus secara tertulis. Hak cipta dilindungi oleh DMCA dan hukum yang berlaku di Indonesia.

Articles: 125