Kami mendeteksi Anda menggunakan program ad-blocker. Situs ini menggunakan advertisement agar Anda dapat menggunakan situs ini dengan gratis. Mohon tambahkan www.tentorku.com ke dalam whitelist ad-blocker Anda, atau bantu kami dengan donasi. Trims :)

Hai, ini adalah halaman yang sudah usang. Anda sebaiknya menuju ke bagian Diskusi, atau anda dapat menuju ke materi pelajaran kami :)

ditutup apakah pengaruh naik turun daya listrik pada alat elektronik seperti ac dan televisi?

0 voting
diposting 28 Ags, 2016 pada Lain-Lain oleh arif
ditutup 26 Des, 2016 oleh Rocky
Pada Ac terjadi kerusakan pada kontaktor karena diduga terjadi naik turun voltase listrik, kemudian pada televisi apabila terjadi naik turun tegangan,apa yg rawan terjadi kerusakan, kemudian tolong jelaskan batas toleransi naik turun tegangan pln, terima kasih
ditutup dengan catatan: Terjawab

1 Jawaban

0 voting
dijawab 17 Sep, 2016 oleh Rocky (312 poin)

Hai Arif,

Umumnya pada perangkat elektronik yang langsung tersambung ke listrik AC PLN, diperlukan DC Power Supply yang mengubahnya menjadi (biasanya) 5V - 12V DC. Power supply inilah yang paling pertama rawan terjadi kerusakan karena merupakan jantung dari perangkat elektronik, Komponen lain seperti kontaktor dll umumnya ikut rusak setelah terjadi kerusakan power supply ini karena mereka mempunyai persyaratan kuat arus dan tegangan DC untuk beroperasi normal.

Berikut ini adalah penyebab utama kegagalan perangkat elektronik:

1. Kurangnya tegangan AC (Voltage sag)

Kurangnya tegangan AC dapat berakibat disipasi panas berlebihan yang mengakibatkan berkurangnya umur komponen elektronik. Penyebabnya adalah power supply mencoba untuk menjaga DC output tetap konstan ketika voltase turun, sehingga kapasitor mengalami "deep discharge." Kapasitor elektrolit tidak dirancang untuk "deep discharge" sehingga menyebabkan "dielectric stress." Kondisi ini menyebabkan penurunan Mean Time Between Failures (MTBF).

2. Kelebihan tegangan AC (Overvoltage)

Kelebihan tegangan jangka pendek (10% dari nominal) umumnya tidak berbahaya. Namun, apabila lebih dari itu dapat menyebabkan gangguan pada regulator tegangan. Regulator ini dapat memberikan tegangan yang berbeda - dari yang dibutuhkan - pada komponen elektronik lain. Selain itu kelebihan tegangan dapat juga merusak penyearah dan transistor pada power supply.

Sumber: http://ecmweb.com/sagsswellsinterruptions/when-does-poor-power-quality-cause-electronics-failures

Hai, ini adalah halaman yang sudah usang. Anda sebaiknya menuju ke bagian Diskusi, atau anda dapat menuju ke materi pelajaran kami :)

...