Kami mendeteksi Anda menggunakan program ad-blocker. Situs ini menggunakan advertisement agar Anda dapat menggunakan situs ini dengan gratis. Mohon tambahkan www.tentorku.com ke dalam whitelist ad-blocker Anda, atau bantu kami dengan donasi. Trims :)

Hai, ini adalah halaman yang sudah usang. Anda sebaiknya menuju ke bagian Diskusi, atau anda dapat menuju ke materi pelajaran kami :)

ditutup Bagaimana cara menentukan konsep teks feature jika temanya tentang bidan ?

0 voting
diposting 6 Jan, 2016 pada Bahasa Indonesia oleh Adi Kurniadi (102 poin)
ditutup 26 Des, 2016 oleh Rocky
Serta bagaimana menentukan kosa kata yang baik pada feature?
Mohon bimbingannya :)
ditutup dengan catatan: Terjawab

1 Jawaban

0 voting
dijawab 7 Jan, 2016 oleh Rocky (312 poin)

Feature text? Mungkin maksud Anda Feature Story?

Cerita fitur (feature story) bukanlah berita surat kabar (hard news) yang langsung to the point yang mengutamakan apa, siapa, di mana, dan kapan, pada paragraf-paragraf awal. Cerita seharusnya mudah diingat pada cara peliputan, kreativitas, dan ekspresi. Cerita fitur lebih mengutamakan sisi kemanusiaan dan membuat pembaca ingin tetap membaca cerita tersebut sampai selesai (karena ciri khas cerita fitur umumnya panjang).

Karakteristik Cerita Fitur (http://journalism.about.com/od/writing/a/whatarefeatures.htm)

The Lede (pendahuluan/lead)
Paragraf pendahuluan dapat berupa anekdot atau deskripisi, tidak harus berupa apa, siapa, di mana, dan kapan, seperti pada "berita serius."

Irama
Irama santai, tidak perlu tergesa-gesa, karena pada cerita fitur kita memang membutuhkan waktu untuk menceritakan sesuatu.

Panjang
Butuh waktu lama untuk bercerita berarti juga memerlukan tulisan yang panjang, biasanya lebih panjang dari "berita serius."

Fokus pada elemen kemanusiaan
Apabila "berita serius" mengutamakan suatu kejadian/peristiwa, cerita fitur mengutamakan orang. Oleh karena itu cerita jenis ini sering disebut "people story."

Contoh cerita fitur yang mendapatkan hadiah Pulitzer (kasta tertinggi di bidang jurnalisme). http://www.pulitzer.org/bycat/Feature-Writing

Sudah jelas bagaimana ciri-ciri cerita fitur, nah apabila tentang bidan, tentunya Anda harus menonjolkan sisi kemanusiaan yang ada, cerita lebih fokus mengenai kisah sang bidan, dan nantinya pesan moral yang hendak Anda sampaikan. Jangan lupa gunakan lede/lead article yang baik. http://journalism.about.com/od/writing/a/featureledes.htm

Contoh:

"Dorong!" Pekik Maryati, seorang wanita paruh baya seraya memijit perut pasiennya. dst.. dst.. (contoh lead kejadian)

Kehamilan merupakan saat yang paling menggembirakan untuk seorang wanita, terutama apabila kehamilan tersebut diinginkan, atau paling tidak bila identitas sang ayah diketahui. dst.. dst.. (contoh lead anekdot)

Hai, ini adalah halaman yang sudah usang. Anda sebaiknya menuju ke bagian Diskusi, atau anda dapat menuju ke materi pelajaran kami :)

...