Kami mendeteksi Anda menggunakan program ad-blocker. Situs ini menggunakan advertisement agar Anda dapat menggunakan situs ini dengan gratis. Mohon tambahkan www.tentorku.com ke dalam whitelist ad-blocker Anda, atau bantu kami dengan donasi. Trims :)

Hai, ini adalah halaman yang sudah usang. Anda sebaiknya menuju ke bagian Diskusi, atau anda dapat menuju ke materi pelajaran kami :)

ditutup Apakah ada batasan minimal kepemilikan saham asing pada perusahaan sehingga perusahaan tersebut dikatakan prshn asing?

0 voting
diposting 2 Des, 2015 pada Ekonomi dan Bisnis oleh Agnes
ditutup 26 Des, 2016 oleh Rocky
Lalu saya juga ingin bertanya, Indofood CBP pemegang saham utamanya adalah Indofood Sukses Makmur sekitar 80%. Sedangkan Indofood Sukses Makmur dimiliki pihak asing sebesar 50,07%. Apakah dalam hal ini Indofood Sukses Makmur termasuk pemegang saham asing atas kepemilikannya terhadap Indofood CBP?  Terima kasih.
ditutup dengan catatan: Terjawab

1 Jawaban

0 voting
dijawab 2 Des, 2015 oleh Rocky (312 poin)

Sepengetahuan saya ada batasan maksimal penanaman modal asing yang diatur dalam Perpres No. 39 Tahun 2014 yang besarnya bervariasi dari 30% sampai 95% tergantung dari sektornya.

Suatu perusahaan dikatakan perusahaan asing atau tidak bisa sangat subyektif, tergantung dari mana kita menilai. Perlu diketahui bahwa saham memiliki beberapa seri, seri A, B, dan C. Nah walaupun asing memiliki porsi 51%++ saham biasa (seri C), bukan berarti pengambilan keputusan terbesar ada di tangan asing, karena ada saham istimewa yang lebih tinggi haknya (seri A), yang sering disebut saham dwiwarna.

Dalam kasus Indofood, mungkin:

  • INDF memiliki batasan maksimal 51% asing.
  • ICBP memiliki batasan maksimal 30% asing, oleh karena itu ICBP tidak bisa dimiliki 100% oleh INDF yang 50% asing, sehingga harus mengurangi porsinya agar tidak melebihi batas maksimal. Caranya dengan membuka kepemilikan publik (Coba di kalkulasi sendiri) sehingga ketemu angka 80%.

Penting: Angka-angka di atas hanya kira-kira, mohon cek di perpres (undang-undang) tentang batasan maksimal PMA dalam kasus Indofood.

Hai, ini adalah halaman yang sudah usang. Anda sebaiknya menuju ke bagian Diskusi, atau anda dapat menuju ke materi pelajaran kami :)

...