Kami mendeteksi Anda menggunakan program ad-blocker. Situs ini menggunakan advertisement agar Anda dapat menggunakan situs ini dengan gratis. Mohon tambahkan www.tentorku.com ke dalam whitelist ad-blocker Anda, atau bantu kami dengan donasi. Trims :)

Hai, ini adalah halaman yang sudah usang. Anda sebaiknya menuju ke bagian Diskusi, atau anda dapat menuju ke materi pelajaran kami :)

ditutup Benarkah pada ketinggian maksimum dari gerak parabola, kecepatan benda adalah nol?

0 voting
diposting 29 Ags, 2015 pada Fisika oleh Bobby
ditutup 26 Des, 2016 oleh Rocky
Benarkah pada ketinggian maksimum dari gerak parabola, kecepatan benda adalah nol?
ditutup dengan catatan: Terjawab

1 Jawaban

0 voting
dijawab 30 Ags, 2015 oleh Rocky (312 poin)

Ya dan tidak..

Terdapat dua arah kecepatan pada gerak parabola, yaitu kecepatan horizontal \(v_x\) dan kecepatan vertikal \(v_y\). Sehingga \(v_x\) adalah gerak lurus beraturan (GLB), sedangkan \(v_y\) adalah gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Dengan rumus:

  • \(v_{tx} = v_{0x}\)
  • \(v_{ty} = v_{0y} - g.t\)

Perhatikan bahwa kecepatan awal dan akhir pada sumbu-x adalah tetap, sehingga pada ketinggian maksimum kecepatan benda \(v_x\) sama dengan kecepatan awalnya.

Tetapi untuk sumbu-y kecepatan akan berkurang karena terdapat percepatan gravitasi yang memperlambat kecepatan benda ke atas, sehingga pada suatu titik kecepatan \(v_y\) akan sama dengan nol (titik tertinggi), dan kemudian benda akan jatuh ke bawah.

Bonus.. namun demikian benda yang dilempar dengan kecepatan 11,265 km/s (gesekan udara diabaikan) tidak akan jatuh (kembali ke bumi) karena terlepas dari gravitasi bumi ke luar angkasa. Ini disebut dengan escape velocity.

Hai, ini adalah halaman yang sudah usang. Anda sebaiknya menuju ke bagian Diskusi, atau anda dapat menuju ke materi pelajaran kami :)

...