Kami mendeteksi Anda menggunakan program ad-blocker. Situs ini menggunakan advertisement agar Anda dapat menggunakan situs ini dengan gratis. Mohon tambahkan www.tentorku.com ke dalam whitelist ad-blocker Anda, atau bantu kami dengan donasi. Trims :)

Hai, ini adalah halaman yang sudah usang. Anda sebaiknya menuju ke bagian Diskusi, atau anda dapat menuju ke materi pelajaran kami :)

ditutup Apakah pemanasan global benar-benar ada?

0 voting
diposting 27 Ags, 2015 pada Lain-Lain oleh Konoha
ditutup 26 Des, 2016 oleh Rocky
Apakah pemanasan global benar-benar ada?
ditutup dengan catatan: Terjawab

1 Jawaban

0 voting
dijawab 27 Ags, 2015 oleh Rocky (312 poin)

Pemanasan global memang dahulu masih berupa isu yang seringkali diperdebatkan, namun saat ini dalam perspektif ilmu pengetahuan (science), pemanasan global adalah fakta. 97% dari para ahli iklim sepakat bahwa manusia menyebabkan pemanasan global.

Penyebab Pemanasan Global
Penyebab pemanasan global adalah meningkatnya karbondioksida dan gas rumah kaca lainnya dari aktivitas manusia, yang terutama adalah pembakaran bahan bakar fosil, baik untuk industri ataupun kegiatan manusia lainnya. Berkurangnya area hutan juga merupakan penyebab pemanasan global, karena kita tahu tumbuhan hijau menyerap karbondioksida untuk fotosintesis.

Efek Pemanasan Global
Efek yang dapat dirasakan adalah cuaca ekstrim, semakin banyak "bencana" seperti banjir, badai, kekeringan, dll. Ini adalah isu yang mengerikan karena dapat mengganggu produksi pangan manusia, sehingga memicu kelangkaan bahan pangan. Pemanasan Global juga meningkatkan keasaman air laut (pH semakin rendah) karena semakin banyak karbondioksida yang terlarut dalam air. Apabila peningkatan keasaman terus terjadi, ikan dan binatang laut lainnya akan terancam mati.

Bahaya Gas Rumah Kaca
Ingin melihat bagaimana bahayanya gas rumah kaca ini dalam jangka waktu yang sangat panjang? Coba lihat planet Venus yang sering disebut "kembaran bumi." Penelitian telah menunjukkan bahwa miliaran tahun yang lalu atmosfer Venus jauh lebih seperti Bumi daripada sekarang, dan bahwa mungkin ada jumlah besar air di permukaan, tapi setelah periode 600 juta sampai beberapa miliar tahun, gas rumah kaca yang dihasilkan mencapai tingkat kritis di atmosfer. Rata-rata suhu permukaan Venus mencapai 462°C yang lebih panas dari Merkurius.

Venus dan Bumi

Hai, ini adalah halaman yang sudah usang. Anda sebaiknya menuju ke bagian Diskusi, atau anda dapat menuju ke materi pelajaran kami :)

...