Kami mendeteksi Anda menggunakan program ad-blocker. Situs ini menggunakan advertisement agar Anda dapat menggunakan situs ini dengan gratis. Mohon tambahkan www.tentorku.com ke dalam whitelist ad-blocker Anda, atau bantu kami dengan donasi. Trims :)

Hai, ini adalah halaman yang sudah usang. Anda sebaiknya menuju ke bagian Diskusi, atau anda dapat menuju ke materi pelajaran kami :)

ditutup Apa fungsi nyamuk dalam ekosistem?

0 voting
diposting 25 Ags, 2015 pada Biologi oleh Christine
ditutup 26 Des, 2016 oleh Rocky
Apa fungsi nyamuk dalam ekosistem?
ditutup dengan catatan: Terjawab

1 Jawaban

0 voting
dijawab 25 Ags, 2015 oleh Rocky (312 poin)

Ada dua perspektif untuk melihat fungsi nyamuk dalam ekosistem, yaitu ekosistem saat ini dan ekosistem jaman purba.

Ekosistem adalah interaksi lingkungan biotik dan abiotik, sehingga mari kita ambil contoh ekosistem rawa. Peran nyamuk dalam ekosistem rawa adalah sebagai sumber makanan ikan, katak, dan binatang lain. Jentik nyamuk adalah makanan yang sangat tinggi protein bagi ikan. Peran nyamuk dalam jaring-jaring makanan sangat penting karena menjadi santapan berbagai organisme lain. Mungkin saat ini peran nyamuk sepertinya memang tidak terlalu signifikan, terutama ketika nyamuk berada dalam ekosistem perkotaan manusia, namun hal itu sangat berbeda pada masa lalu ketika serangga adalah pemain utama di bumi ini.

Lapisan Fossil

Dari catatan fossil, serangga pertama muncul pada masa Pennsylvanian, dan fossil nyamuk (common ancestor nyamuk) ditemukan pada batu yang berusia 90-100 juta tahun yang lalu pada masa Cretaceous. Pada masa itu alam masih liar, sehingga nyamuk dan serangga yang lain adalah sumber makanan utama dari organisme lain yang lebih kompleks (terutama amfibi). Interaksi alam ini memungkinkan seleksi alam dan mekanisme evolusi yang menghasilkan makhluk hidup "modern" di masa ini. Ketika amfibi pertama (masa triassic) memutuskan untuk keluar dari air dan beraktivitas di darat, ia membutuhkan makanan. Serangga (termasuk common ancestor nyamuk) adalah mangsa yang paling tepat.

Jadi sebelum kita membasmi nyamuk sekarang ini, ingat bahwa nyamuk adalah spesies yang jauh lebih tua dari kita :)

Hai, ini adalah halaman yang sudah usang. Anda sebaiknya menuju ke bagian Diskusi, atau anda dapat menuju ke materi pelajaran kami :)

...