Kami mendeteksi Anda menggunakan program ad-blocker. Situs ini menggunakan advertisement agar Anda dapat menggunakan situs ini dengan gratis. Mohon tambahkan www.tentorku.com ke dalam whitelist ad-blocker Anda, atau bantu kami dengan donasi. Trims :)

Hai, ini adalah halaman yang sudah usang. Anda sebaiknya menuju ke bagian Diskusi, atau anda dapat menuju ke materi pelajaran kami :)

ditutup Bagaimana cara kerja bom atom?

0 voting
diposting 23 Ags, 2015 pada Fisika oleh Einstein107
ditutup 26 Des, 2016 oleh Rocky

Bagaimana cara kerja bom atom? Apa hubungannya dengan e = mc2 ?

ditutup dengan catatan: Terjawab

1 Jawaban

0 voting
dijawab 24 Ags, 2015 oleh Rocky (312 poin)

Pertama, e = mcadalah formula yang menyatakan hubungan antara massa dan energi. Jadi setiap benda yang memiliki massa, juga memiliki energi. Sebuah batu misalnya, memiliki energi antar atom-atomnya sehingga dapat membentuk ikatan yang membentuk zat padat. 

Kemudian ternyata dua atom hidrogen (H) dan satu atom oksigen (O) apabila ditimbang lebih berat dari satu molekul air (H2O), mengapa bisa demikian? Karena sebagian massa berubah menjadi energi ikatan.. Sebaliknya, apabila memisahkan molekul menjadi atom, sistem akan mengeluarkan energi.. namun energi ini sangat kecil. Ernest Rutherford pernah berkata "The energy produced by the breaking down of the atom is a very poor kind of thing. Anyone who expects a source of power from the transformation of these atoms is talking moonshine."

Saat itu belum ditemukan adanya Uranium-235, sebuah isotop yang apabila dipisahkan (reaksi fisi) akan menghasilkan 200MeV (0,00000000003204 joule), jumlah ini sangat kecil, namun apabila dibandingkan dengan 1 molekul bensin yang dibakar, energi ini sejuta kali lebih besar. Dalam kasus bom atom (nuklir) maka reaksi fisi ini harus dibuat masif dan seketika. Caranya adalah dengan membuat reaksi fisi berantai (chain reaction) yang melepaskan energi yang sangat besar seketika.

Chain Reaction

Dalam bom nuklir, reaksi fisi ini terjadi pada keadaan kritis (critical) sedangkan dalam pembangkit listrik, reaksi ini dipertahankan pada keadaan sub-kritis (sub-critical).

Sumber: emc2-explained

Hai, ini adalah halaman yang sudah usang. Anda sebaiknya menuju ke bagian Diskusi, atau anda dapat menuju ke materi pelajaran kami :)

...