Kami mendeteksi Anda menggunakan program ad-blocker. Situs ini menggunakan advertisement agar Anda dapat menggunakan situs ini dengan gratis. Mohon tambahkan www.tentorku.com ke dalam whitelist ad-blocker Anda, atau bantu kami dengan donasi. Trims :)

Hai, ini adalah halaman yang sudah usang. Anda sebaiknya menuju ke bagian Diskusi, atau anda dapat menuju ke materi pelajaran kami :)

ditutup Kenapa Rupiah melemah?

0 voting
diposting 21 Ags, 2015 pada Ekonomi dan Bisnis oleh Dendi
ditutup 26 Des, 2016 oleh Rocky
Akhir-akhir ini dollar kenapa mahal?
ditutup dengan catatan: Terjawab

1 Jawaban

0 voting
dijawab 21 Ags, 2015 oleh Rocky (312 poin)
diubah 21 Ags, 2015 oleh Rocky

Nilai tukar ditentukan oleh faktor fundamental dan teknikal dari mata uang tsb.

Faktor fundamental adalah neraca anggaran, neraca perdagangan, suku bunga, dan inflasi. Neraca anggaran Indonesia sampai Juli 2015 masih defisit, walaupun neraca perdagangan mengalami surplus terbesar pada Juli 2015, namun transaksi berjalan masih defisit (walau membaik). Secara sederhana dalam kondisi defisit, mata uang akan tertekan.

Faktor inflasi dan suku bunga juga adalah faktor fundamental, secara sederhana apabila inflasi tinggi (banyak uang yang beredar di masyarakat) maka nilai tukar akan melemah.. apabila suku bunga tinggi (sedikit uang yang beredar di masyarakat), nilai tukar akan menguat (hukum supply dan demand). Inflasi 2013-2015 masih lebih tinggi dari target pemerintah.. sehingga mata uang semakin tertekan..

Berdasarkan faktor fundamental tersebut wajar apabila rupiah terus melemah, namun pelemahan ini menurut pengamat sudah di bawah nilai aslinya (undervalue). Undervalue ini dipicu oleh faktor teknikal (tren menurun) dan sentimen negatif, yaitu The Fed (BI-nya Amerika) yang sepertinya hendak menaikkan suku bunga di Amerika, sehingga otomatis dollar menguat.. Namun melihat kenyataan ekonomi makro, rasanya The Fed tidak akan berani menaikkan suku bunga di tahun ini.. sehingga rupiah akan menguat dari nilai 13.900an sekarang ini :)

Hai, ini adalah halaman yang sudah usang. Anda sebaiknya menuju ke bagian Diskusi, atau anda dapat menuju ke materi pelajaran kami :)

...