Mengapa Mempelajari Biologi? Apa Manfaatnya?

Kita telah mempelajari pelajaran biologi sejak masih di SD (bagian dari IPA), SMP, SMA, dan mungkin sampai nanti di perguruan tinggi. Tetapi pernahkan kita bertanya-tanya mengapa mempelajari biologi? Apa sebenarnya manfaat belajar biologi? Nah, artikel ini akan membahas apa saja alasan pentingnya ilmu biologi bagi manusia.

Mempelajari Biologi Membantu Kita Mengenal Diri Kita Sendiri

Mungkin kita pernah merasakan ada sesuatu yang berdenyut di dalam dada, atau penasaran mengapa setiap pagi kita harus buang air di toilet. Pertanyaan ini terjawab ketika kita mempelajari biologi, sehingga membuat kita mengerti tubuh kita sendiri. Dengan mempelajari biologi, kita mengerti bahwa tubuh kita ini berisi organ-organ penting seperti jantung, paru-paru, otak, dll., lalu organ tersebut membentuk sistem organ seperti sistem pencernaan, sistem pernafasan, dll. Biologi juga mengajarkan teori yang menjelaskan asal-usul makhluk hidup, dan bagaimana manusia dan makhluk hidup lain berevolusi dari organisme yang lebih sederhana.

mengenal-manusia
Photo by Виталий Смолыгин is not licensed (Public Domain)

Mempelajari Biologi Membantu Kita Mengenal Makhluk Hidup di Sekitar Kita

Pada jaman dahulu, manusia menyembah pohon besar karena menganggap pohon besar tersebut memiliki kekuatan supranatural. Dengan belajar biologi, kita dapat mengenali spesies pohon tersebut, juga mengerti sifat dan karakteristik pohon tersebut. Sama halnya dengan hewan yang aneh, misalnya kambing bertanduk tiga, berkaki lima, dll., yang dahulu dianggap makhluk mistis. Menggunakan ilmu biologi tentang genetika, sekarang kita dapat mengetahui bahwa hal hewan yang aneh ini sebenarnya termasuk kasus kelainan genetika yang disebabkan oleh mutasi. Tahukah kalian bahwa anjing adalah versi domestik dari serigala? Anjing dan serigala adalah keluarga yang sangat dekat.

mengenal-hewan-sekitar
Photo by LaBruixa is not licensed (Public Domain)

Mempelajari Biologi Membantu Kita Mengetahui Posisi Kita di Lingkungan/Alam

Biologi mengajarkan bahwa manusia adalah omnivora yang termasuk dalam konsumen pada rantai makanan, sehingga manusia sangat bergantung pada makhluk hidup lain untuk bisa mendapatkan nutrisi untuk bertahan hidup. Mengetahui kenyataan ini, seharusnya kita lebih peduli dan menjaga lingkungan alam. Kita harus sadar apabila alam rusak, maka kita akan kesulitan mendapatkan makanan, tidak peduli seberapa kaya dan berkuasanya kita. Saat ini bumi sedang mengalami pemanasan global, ini akan berdampak pada cuaca ekstrim yang dapat menyebabkan punahnya beberapa jenis makhluk hidup dan gagalnya panen. Akibatnya, bencana kelaparan akan menanti masa depan manusia. Mengetahui hal ini sudah seharusnya kita sadar akan posisi kita di lingkungan alam ini, dan menghentikan aktivitas yang merusak alam.

Biologi Adalah Dasar Pengetahuan Untuk Berbagai Profesi

Biologi adalah pelajaran dasar untuk berbagai profesi, kebanyakan di bagian kesehatan, obat-obatan, dan pekerjaan lain yang berhubungan dengan makhluk hidup, seperti:

  • Dokter, dokter gigi, dan perawat
  • Psikologi, psikoterapi, dan farmasi
  • Penelitian dan riset ilmiah
  • Ilmu pengetahuan lingkungan, genetika, botani, zoologi, oceanografi, dll.
mengapa-mempelajari-biologi
youtube.com/watch?v=NhjzCIKAjAM | Video by Studi School is licensed under Standard YouTube License

Itulah sebagian kecil dari manfaat mempelajari biologi. Karena begitu besar manfaat biologi, maka dari kecil kita sudah mulai diajari biologi agar nantinya kita dapat menjadi orang berwawasan luas, dan dapat menggunakan ilmu ini untuk membawa kehidupan yang lebih baik untuk kita.

Kutip materi pelajaran ini:
Kontributor Tentorku, 2015, https://www.tentorku.com/mengapa-mempelajari-biologi-apa-manfaatnya/ (diakses pada 11 Dec 2023).

Materi pelajaran ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda bisa mengirimkan saran pada Tentorku di akun fb/twitter/google kami di @tentorku.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan pembahasan.

Avatar photo
Tentorku

Penerbit Tentorku adalah penerbit artikel pendidikan online berkualitas. Tentorku percaya bahwa setelah proyek perpustakaan online ini selesai, Indonesia akan menjadi jauh lebih pintar! Semua konten tulisan, gambar, dan video pada situs ini adalah hak cipta Tentorku, kecuali dinyatakan khusus secara tertulis. Hak cipta dilindungi oleh DMCA dan hukum yang berlaku di Indonesia.

Articles: 125