Tingkatan Taksonomi dalam Klasifikasi

Dalam klasifikasi makhluk hidup, peringkat/tingkat taksonomi adalah strata relatif dari sebuah kelompok organisme (takson) di dalam tingkatan taksonomi. Carolus Linnaeus menggunakan skala peringkat terbatas pada: kingdom, class, order, genus, species, dan satu peringkat di bawah species. Sekarang, nomenklatur diatur oleh kode nomenklatur, dan terdapat tujuh peringkat taksonomi utama, yaitu: kingdom, phylum/division, class, order, family, genus, species. Sebagai tambahan, domain yang diusulkan oleh Carl Woese kini sudah digunakan secara luas sebagai salah satu peringkat dalam tingkatan taksonomi utama, walaupun tidak disebutkan dalam kode nomenklatur.

Sebuah peringkat yang diberikan memasukkan kategori yang lebih sempit kedalamnya, yaitu, deskripsi bentuk kehidupan yang lebih spesifik. Diatasnya, setiap tingkat mengklasifikasikan kategori makhluk hidup atau kelompok makhluk hidup yang lebih luas, melalui pewarisan sifat atau fitur-fitur dari leluhur yang sama (common ancestor). Tingkat dari spesies dan deskripsi genusnya adalah dasar. Artinya, untuk mengidentifikasi organisme tertentu, biasanya tidak perlu untuk menyebutkan tingkat dibawah genus dan spesies.

tingkatan-taksonomi-dalam-klasifikasi
Tingkatan taksonomi | Photo by Annina Breen is licensed under CC-BY-SA-4.0

Sebagai contoh, misalnya spesies rubah merah (Vulpes vulpes). Genus Vulpes terdiri dari semua "rubah sejati." Kerabat terdekat mereka berada di peringkat yang setingkat lebih tinggi, family Canidae terdiri dari anjing, serigala, anjing hutan, semua rubah, dan semua caniform. Tingkat selanjutnya yang lebih tinggi order Carnivora, termasuk singa, macan, beruang, dan semua yang sudah disebutkan, ditambah Mammalia pemakan daging yang lain. Diatasnya lagi class Mammalia yang terdiri dari semua hewan menyusui, lalu semua hewan yang memiliki tulang belakang tergabung dalam phylum Chordata, yang merupakan kingdom Animalia. Yang terakhir, semua di atas akan menemukan kerabat mereka yang paling awal di suatu tempat di tingkat domain Eukarya. [1]

Tingkatan Taksonomi dalam Klasifikasi

Terdapat delapan tingkat dalam taksonomi, yaitu:

Tingkatan Taksonomi Utama

LATININGGRISINDONESIA
regiodomaindomain
regnumkingdomdunia
phylum | divisiophylum | divisionfilum | divisi
classisclasskelas
ordoorderbangsa/ordo
familiafamilysuku/famili
genusgenusmarga/genus
speciesspeciesjenis/spesies

Perhatikan bahwa filum adalah untuk dunia hewan dan divisi adalah untuk dunia tumbuhan. Juga, kadang ada tingkat yang sedikit di atas atau sedikit di bawah (di antara) tingkat tertentu, sehingga kata super- atau sub- bisa ditambahkan, misalnya subclass atau superclass.

drosophila-melanogaster
Drosophila melanogaster | Photo by Mr.checker is licensed under CC-BY-SA-3.0

Contoh Tingkatan Taksonomi

Contoh Tingkatan Taksonomi

PERINGKATKACANG POLONGLALAT BUAHMANUSIA
DomainEukaryaEukaryaEukarya
DuniaPlantaeAnimaliaAnimalia
Filum|DivisiMagnoliophytaArthropodaChordata
KelasMagnoliopsidaInsectaMammalia
BangsaFabalesDipteraPrimates
SukuFabaceaeDrosophilidaeHominidae
MargaPisumDrosophilaHomo
JenisP. sativumD. melanogasterH. sapiens

Perhatikan untuk jenis menurut aturan harus menyertakan nama marga, penulisan marga boleh disingkat.

pisum-sativum
Pisum sativum | Photo by Rasbak is licensed under CC-BY-SA-3.0

Kritik Terhadap Tingkatan Taksonomi

Peringkat ditetapkan berdasarkan perbedaan yang subjektif dan tidak merefleksikan sifat bertahap dari variasi di alam. Berdasarkan teori Darwin, evolusi terjadi secara perlahan dan sedikit demi sedikit, sehingga sulit untuk melakukan klasifikasi makhluk hidup ke dalam kotak-kotak peringkat yang hanya berjumlah delapan dari domain sampai spesies. Akibatnya, muncul peringkat-peringkat di antara peringkat utama, dan peringkat ini bisa terus bertambah apabila kemudian ada makhluk hidup baru ditemukan (atau sengaja dibuat dengan rekayasa genetika). Mari kita lihat tingkatan antara ordo sampai famili:

  • Order
  • Parvorder
  • Nanorder
  • Hyporder
  • Minorder
  • Suborder
  • Infraorder
  • Gigafamily
  • Megafamily
  • Grandfamily
  • Hyperfamily
  • Superfamily
  • Family [2]

Bayangkan berapa banyak tingkatan yang ada apabila diteruskan sampai domain? Inilah mengapa tingkatan taksonomi akan terus berkembang, dengan berharap dapat mencapai konsensus.

Referensi
  1. Wikipedia contributors, “Taxonomic rank,” Wikipedia, The Free Encyclopedia, https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Taxonomic_rank&oldid=685248233 (accessed November 1, 2015).
  2. Taylor, M., “What do terms like phylum, order and family mean?,” http://www.miketaylor.org.uk/dino/faq/s-class/levels/index.html (accessed November 1, 2015).

Kutip materi pelajaran ini:
Kontributor Tentorku, 2015, https://www.tentorku.com/tingkatan-taksonomi-dalam-klasifikasi/ (diakses pada 10 Dec 2023).

Materi pelajaran ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda bisa mengirimkan saran pada Tentorku di akun fb/twitter/google kami di @tentorku.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan pembahasan.

Avatar photo
Tentorku

Penerbit Tentorku adalah penerbit artikel pendidikan online berkualitas. Tentorku percaya bahwa setelah proyek perpustakaan online ini selesai, Indonesia akan menjadi jauh lebih pintar! Semua konten tulisan, gambar, dan video pada situs ini adalah hak cipta Tentorku, kecuali dinyatakan khusus secara tertulis. Hak cipta dilindungi oleh DMCA dan hukum yang berlaku di Indonesia.

Articles: 125